Informasi

Mengenal Jurnalisme Warga, Berita yang Dibuat Orang-Orang Biasa

Mengenal Jurnalisme Warga, Berita yang Dibuat Orang-Orang Biasa

PortalGO.id - Seiring berkembangnya zaman, jurnalisme juga makin berkembang pesat. Perkembangan jurnalisme dapat dilihat dari munculnya teknik-teknik liputan yang baru, mulai dari jurnalisme investigasi hingga jurnalisme data. Tidak hanya itu, kerja-kerja jurnalistik kini tidak hanya dilakukan oleh jurnalis profesional saja. Orang biasa pun dapat meliput dan memberitakan suatu peristiwa. Model jurnalisme baru ini disebut sebagai jurnalisme warga atau citizen journalism.

Kehadiran jurnalisme warga tidak dapat dilepaskan dari pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dilansir dari britannica.com, jurnalisme warga muncul karena berkembangnya situs web, blog, dan sosial media. Tiga media tersebut menjadi alat utama para citizen journalist dalam memberitakan suatu isu atau peristiwa. Dengan adanya tiga media tersebut, citizen journalist yang tidak memiliki lisensi resmi sebagai jurnalis dapat meliput suatu acara atau isu tertentu secara bebas.

Di satu sisi, kehadiran jurnalisme warga diragukan oleh beberapa orang, terutama mereka yang berprofesi sebagai jurnalis. Dilansir dari sociologygroup.com, keraguan tersebut muncul dari kemampuan teknis para citizen journalism yang kurang dapat dibuktikan. Hal tersebut membuat kualitas berita yang diliput oleh citizen journalist diragukan. Meskipun demikian, pada praktiknya, jurnalisme warga justru membantu mengimbangi informasi dari berbagai media-media arus utama.

Dilansir dari ut.ac.id, kehadiran jurnalisme warga memberi dampak yang positif bagi proses demokratisasi suatu negara. Sebab, jurnalisme warga memperluas ruang-ruang berekspresi bagi publik. Ruang-ruang berekspresi tersebut mampu menandingi hegemoni informasi negara dan media-media yang mungkin berpihak kepadanya. Selain mampu menandingi informasi yang kurang berimbang, jurnalisme warga juga dapat melengkapi informasi yang telah beredar.

Dilansir dari howstuffworks.com, jurnalisme warga mampu memperluas jangkauan jurnalisme konvensional. Oleh karenanya, dengan adanya jurnalisme warga, jurnalisme konvensional dapat menyajikan berita dari lingkup yang paling kecil dan sempit sekalipun. Namun, untuk mewujudkan hal ini, kolaborasi yang baik antara jurnalisme konvensional dan jurnalisme warga perlu dibangun terlebih dahulu.

Fitur Netizen (User/Member) di PortlGO

Selain memberikan fitur berita online seperti portal berita profesional biasanya, PortalGO juga hadir dengan Fitur Netizen (User/Member) yang mendukung penjelasan di atas sehingga portal berita anda dapat merangkul segala informasi dari masyarakat luas sampai lingkup terkecil. Berikut detail fitur netizen yang kami kembangkan:

•           Fitur Login & Register User Netizen/Member

•           Fitur Affiliasi (Code Refferal)

•           Fitur E-Wallet & Withdraw Point/uang

•           Fitur Kirim Berita user Netizen/Member

•           Fitur Komentar Berita

•           Fitur Like Berita

•           Fitur Centang Biru Akun (Verified Account)

•           Fitur Mendapatkan Rewards/point Jika user kirim berita dan di setujui admin

•           Fitur mendapatkan Rewards/point jika user telah membaca berita. Dan lain-lainnya

Itulah fitur netizen yang dikembangkan oleh kami. Jadi tunggu apalagi, ayo bergabung bersama kami dan miliki portal berita professional dengan fitur yang lengkap dimana lagi kalo bukan di PortalGO.

0 Komentar :

Belum ada komentar.