Umum

Kemajuan Teknologi, Peranannya Dalam Dunia Jurnalistik

Kemajuan Teknologi, Peranannya Dalam Dunia Jurnalistik

PortalGO.id - Perkembangan teknologi digital saat ini merupakan sebuah kemajuan yang sangat pesat dan berdampak banyak bagi kehidupan manusia. Teknologi digital yang terus berkembang membantu kinerja manusia dengan sangat baik, terutama di bidang Jurnalistik. Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena kemajuan dari teknologi digital memudahkan siapa saja dalam menerima, membuat, dan mengolah informasi.

Kecepatan yang ditawarkan media dalam menyampaikan informasi sangat cepat. Karena itulah, masyarakat berbondong-bondong beralih dari media berita televisi dan media cetak seperti koran ke media online. Sebab, dianggap lebih cepat dalam penyampaian informasi.

Tidak hanya itu, berkat perkembangan teknologi digital yang sangat pesat ini kita tidak hanya bisa menerima informasi, tetapi juga dapat memberikan komentar atau pertanyaan kepada pembuat berita atau penyebar informasi. Selain itu, berkat kemajuan teknologi digital, informasi yang dibagikan bisa diperbaharui kapan pun dan di mana pun. Kita juga dapat berperan aktif dalam membuat berita tanpa terbatas tempat dan waktu.

Seperti yang diketahui, berkat kemajuan teknologi akses ke media online sangatlah mudah. Hanya perlu menggunakan smartphone dan mempunyai jaringan yang memadai untuk dapat mengakses informasi, baik nasional maupun internasional. Seperti yang dikatakan seorang penulis berita asal Pamarican, Ciamis, Jawa Barat, Peri Heryanto SIp. “Perkembangan teknologi digital saat ini memang saat membantu dalam dunia jurnalistik, karena dengan ini kita sangat dimudahkan dalam membuat berita maupun menerima informasi. Yang paling diterima di masyarakat saat ini berita yang dimuat di media sosial, terutama Facebook,” katanya.

Pernyataan Peri dibenarkan oleh salah satu pengguna media sosial Facebook, Dini Rosidah. Dia mengatakan lebih mudah mencari informasi terbaru di Facebook dibandingkan menunggu diberitakan di televisi. “Saya lebih suka baca-baca berita di Facebook. Selain bisa aktif berkomentar informasi yang dimuat juga lebih up to date,” papar Dini.

Kemudahan dalam menerima informasi juga dibarengi dengan kemudahan dalam menyebarluaskan informasi tersebut. Namun di sisi lain, kemudahan ini membuat berita yang disampaikan sering kali tidak memenuhi unsur 5W + 1H atau kurang lengkap. Sebab, sering kali yang diutamakan adalah kecepatan bukan ketepatan informasi. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menyunting atau mengedit informasi yang dimuat tersebut.

Hanya saja banyak masyarakat kurang berhati-hati dalam menerima informasi dan tergesa-gesa dalam menyebarkan informasi. Sehingga berakhir dengan termakan berita palsu atau hoaks. Hal inilah yang harus diperhatikan di balik pesatnya kemajuan teknologi digital. “Jangan sampai masyarakat menjadi korban sekaligus pelaku penyebar berita bohong secara tidak langsung,” kata Peri Heryanto SIp.

Mengatasi hal ini yang bisa dilakukan sebagai pembuat berita adalah tetap memperhatikan kaidah-kaidah jurnalistik serta memuat berita yang setidaknya memenuhi 5W+1H. Tidak hanya itu, juga harus cerdas dalam menerima informasi, mengusut lebih dalam, mengkaji lebih dalam, dan memastikan terlebih dahulu kebenaran informasi sebelum ikut menyebarluaskan informasi tersebut.

Kemajuan teknologi digital yang terus berkembang pesat ini tidak akan terlepas dari dampak positif maupun dampak negatif yang akan dirasakan. Pemerintah diharapkan lebih berperan aktif dalam regulasi untuk lebih meminimalisir dampak negatif dari kemajuan ini. Karena kemajuan teknologi digital tidak akan berhenti sampai sini. Tentu hal ini diharapkan membawa kemajuan terhadap bangsa dan negara.

Tags: -

0 Komentar :

Belum ada komentar.