Informasi

Jurnalistik Modern, Pemanfaatan Internet dan Media Digital

Jurnalistik Modern, Pemanfaatan Internet dan Media Digital

portalgo.id - Marshall McLuhan, dalam bukunya ‘Understanding Media – The Extensions of Man’ menyatakan bahwa media yang digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi, pada dasarnya juga adalah sebuah pesan. Media merupakan perluasan manusia, media yang berbeda mewakili pesan yang berbeda. Media menciptakan dan mempengaruhi bentuk dan cakupan hubungan antar manusia. Media massa, dalam bentuk apapun, akan selalu membawa pesan tersediri bagi masyarakat.

Internet sebagai media jurnalistik memunculkan perdebatan, apakan internet merupakan media massa atau merupakan media komunikasi antarpersona. Internet dapat dikatakan sebagai hybrid, internet merupakan sebuah media massa yang juga adalah sebuah media komunikasi antar individu dan antarpersona. Menurut Jensen, media tradisional sepeti TV, Radio, atau Film mempunyai karakteristik ’push’; yang mana isi media diciptakan oleh media tersebut bagi audiensnya. Sedangkan media internet memiliki karakteristik ‘pull’ yang mana isi beritanya diciptakan oleh audiens. Isi media pun bergeser, dari awalnya seragam menjadi personal. Siklus publikasinya pun berubah, dari periodik menjadi up to date.

Kemunculan World Wide Web (www) pada tahun 1990-an memulai babak baru dalam komunikasi massa yang melampaui batasan fisik geografis, mental idiologis, serta ruang dan waktu.  Komputer yang semula merupakan media pengumpulan dan penyimpanan data, berkembang menjadi media komunikasi modern yang kompleks. Informasi yang disajikan melalui internet lebih unggul dalam segi kecepatan dan interaktifitas. Berita disajikan secara real time (seketika), tanpa perlu menunggu proses cetak.

Proses pengumpulan informasi melalui internet pun dapat dilakukan dengan cepat, sebab tidak perlu melalui penerbitan pers terlebih dahulu. Berita dapat di upload dan di update dalam hitungan detik. Situs berita tidak lagi bersifat komplementer, namun menciptakan sinergi antara isi siaran, infrastuktur jaringan telekomunikasi, serta perangkat penggguna sehingga mampu menghadirkan jurnalisme online dengan perspektif multimedia. Sebuah revolusi media modern.

Publish Beritamu Dengan Aplikasi Berita Online Sekelas Media Nasional

Media Informasi Online saat ini sangat banyak dengan dukungan berbagai platform, tetapi yang memiliki fitur dan sistem keamanan yang baik sangatlah sulit, oleh karena itu PortalGO bisa menjadi solusi sebagai platform media berita online anda saat ini untuk menjadikan perusahaan anda terus berkembang pesat kedepannya.

0 Komentar :

Belum ada komentar.